Do'a Saat Melihat Ka'ba Pertama Kali

Do'a Saat Melihat Ka'ba Pertama Kali

Imam An-Nawawi dalam kitabnya Al-Idhah fi Manasikil Hajji mengajarkan doa yang dianjurkan untuk dibaca ketika melihat Ka’bah. Beliau menyarankan setiap orang yang melihat Ka’bah untuk membaca doa berikut:

اللَّهُمَّ زِدْ هَذَا الْبَيْتَ تَشْرِيفًا وَتَعْظِيمًا وَتَكْرِيمًا وَمَهَابَةً، وَزِدْ مَنْ شَرّفَهُ وَكَرّمَهُ مِمَّنْ حَجَّهُ أَوِاعْتَمَرَهُ تَشْرِيفًا وَتَكْرِيمًا وَتَعْظِيمًا وَبِرًّا

(Allāhumma zid hādzal bayta tasyrīfan wa ta‘zhīman wa takrīman wa mahābatan, wa zid man syarrafahū wa karramahū min man hajjahū aw i’tamarahū tasyrīfan wa takrīman wa ta‘zhīman wa birran).

Artinya, "Ya Allah, tambahkanlah kemuliaan, keagungan, kehormatan, dan kehebatan pada rumah-Mu ini. Tambahkan pula kemuliaan, kehormatan, keagungan, dan kebaikan kepada orang-orang yang berhaji atau berumrah yang memuliakan dan menghormati Ka’bah.”

Imam An-Nawawi juga menyarankan untuk membaca doa berikut setelah doa di atas:

اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلَامُ، فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلَامِ

(Allāhumma antas salām, wa minkas salām, fa hayyinā rabbanā bis salām).
 
Artinya, "Ya Allah, Engkaulah keselamatan. Dari-Mu keselamatan berasal. Wahai Tuhan kami, berikanlah kami kehormatan melalui keselamatan."

Imam An-Nawawi juga menganjurkan agar orang yang melihat Ka’bah berdoa untuk kebutuhan dunia dan akhirat mereka karena saat itu pintu langit terbuka. Namun, yang paling penting adalah memohon ampunan Allah (istighfar) setelah membaca doa tersebut. Wallahu a’lam.